Jangan Sampai Tertipu Stok Barang

Penting bagi Anda yang hendak meluaskan pemasaran melalui toko daring (dalam jaringan/online) untuk memilih platform ecommerce yang dapat membantu kelancaran dan eifisiensi kinerja usaha Anda. Tentu juga sistem pengelolaan yang baik. Karena sebaik apapun sistem yang diterapkan, tanpa dibarengi pengelolaan yang baik/disiplin, tidak akan membawa hasil baik.

Berbelanja daring (dalam jaringan) atau online untuk sebagian orang dianggap dapat memberi kesenangan tersendiri. Antara lain bisa window shopping tanpa ada yang mengusik, bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Termasuk melakukan transaksi pembeliannya. Partner saya misalnya. Dia sering berselancar dari satu toko daring ke toko daring lainnya pada malam sepulang kerja. Pembelian dilakukan saat itu juga tanpa harus tanya ini itu ke pengelola toko daring. Pilih barang dan checkout. Selesai.

Toko daring yang sudah memiliki platform e-commerce lengkap dan dikelola dengan baik dapat meminimalisasi interaksi langsung antarmanusia (pembeli dan penjual). Tak ada ceritanya setelah pemesanan barang dan melakukan pembayaran lantas kita dihubungi pihak penjual karena barang tidak tersedia (out of stock). Sehingga setiap kita hendak memesan barang tidak perlu mengontak pihak penjual soal ketersediaannya. Semua sudah diatur oleh sistem toko daringnya. Jika barang sudah habis, akan ada keterangan “out of stock” atau “sold out” di katalog barang. Sistemnya pun akan menolak pemesanan dengan sendirinya bila kita menekan tombol “beli” atau “buy” bila barang tidak tersedia.

Tetapi dalam kenyataannya, di Indonesia terutama, tidak semua toko daring sudah memiliki sistem sebaik itu. Kebanyakan baru berupa katalog daring yang proses pemesanan dan pembayarannya masih dilakukan secara manual.

Dalam soal itu saya memiliki pengalaman dengan beberapa toko daring yang menjual kamera dan perlengkapannya. Toko mereka sudah dilengkapi dengan sistem pembelian standar toko daring. Prosesnya dimulai dengan memilih barang, kemudian beli, dan checkout. Setelah itu sistemnya secara otomatis mengirim invoice yang berisi informasi biaya yang harus dibayar dan nomor rekening untuk pembayaran.

Setelah menerima invoice saya mentransfer sejumlah uang sesuai yang diminta. Saya pikir sudah selesai. Tinggal menunggu barang itu tiba. Namun tidak demikian kejadiannya. Keesokan harinya pihak penjual menghubungi saya melalui telepon bahwa barang pesanan saya stoknya kosong, sehingga harus menunggu 3-5 hari. Meski pihak penjual memberi pilihan pembatalan, tetap saja kejadian ini membuat kecewa. Apalagi bila barang yang dibeli benar-benar dibutuhkan.

Kejadian serupa dialami partner saya ketika membeli produk tas. Proses pembelian dan pembayaran sudah dia lakukan. Anehnya, pihak penjual tidak pernah memberi laporan status pemesanan dan pembayaran. Barang pun tak kunjung tiba. Pihak penjual baru memberi laporan setelah dihubungi partner saya. Dari situ barulah ketahuan bahwa barang yang dipesan dan sudah dibayar itu stoknya tidak tersedia, sehingga harus menunggu seminggu lamanya.

Dari pengalaman itu ada beberapa hal yang penting dicatat dari sisi kepentingan pembeli maupun penjual.

Bagi pembeli, penting untuk memerhatikan kelengkapan sebuah toko daring sebelum melakukan pembelian. Jika toko daring yang bersangkutan hanya berfungsi sebagai katalog daring yang tidak memungkinkan melakukan pembelian secara daring, pastikan barang yang hendak dibeli memang tersedia. Anda bisa menghubungi pihak penjual untuk memastikan itu. Prosesnya memang menjadi panjang dan tidak efisien. Tetapi lebih baik begitu daripada di akhir Anda mengalami kekecewaan karena barang yang dipesan dan sudah dibayar tidak tersedia.

Bagi penjual yang memiliki toko daring sebaiknya hanya menampilkan barang yang memang stoknya tersedia. Memberikan kepastian kepada pembeli adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar jika tidak ingin kehilangan pelanggan. Selain tentu saja akan lebih efisien dalam pengelolaan toko daring jika kita tidak disibukkan untuk menghadapi pertanyaan seputar ketersediaan barang.

Bagi penjual yang hendak meluaskan pemasarannya melalui toko daring disarankan untuk memilih platform ecommerce yang benar-benar dapat membantu kelancaran dan eifisiensi kinerja usaha Anda. Dan tentu saja sistem pengelolaan yang baik. Karena sebaik apapun sistem yang kita terapkan, tanpa didasari sistem pengelolaan yang baik dan disiplin, tidak akan membawa hasil baik.

Keterangan: Tulisan ini sebelumnya dimuat di majalah Ide BisnisEdisi 40, September 2013. Foto: Amy McLaughlin.

Anda punya pertanyaan atau tanggapan atas artikel di atas, sampaikan pada kami!

Fields marked with a * are required

Topik Terkait