Kelas Bisnis Fashion
MEMBANGUN FASHION BRAND

DESKRIPSI

Bisnis fashion mensyaratkan komitmen dan kerja keras. Tingginya persaingan di sektor ini tidak saja menuntut seseorang mampu membuat produk dan layanan berkualitas, juga keterampilan menjalankan bisnis dengan baik. Bisnis fashion adalah usaha menyeimbangkan kreativitas dan komersial selaras perkembangan jaman.

Kelas Bisnis Fashion: Membangun Fashion Brand adalah upaya untuk menjawab tantangan tersebut, di mana setiap peserta akan belajar tentang dasar-dasar bisnis fashion (ready-to-wear) dan langkah-langkah pembangunan brand.

CAPAIAN

Setiap peserta memeroleh pemahaman dasar yang memadai tentang realitas industri fashion, langkah-langkah memulai bisnis fashion dan membangun brand, serta mampu merancang model dan rencana bisnis yang implementatif.

TINGKAT

Dasar. Ditujukan bagi Anda yang berencana atau tengah merintis bisnis fashion dan membangun brand.

TOPIK BELAJAR

Pengantar Industri Fashion

Membahas perkembangan industri fashion modern hingga sekarang (era digital). Setiap peserta akan memeroleh gambaran tentang sistem fashion, peluang dan tantangan (lokal dan global) industri fashion dewasa ini.

Pondasi Bisnis Fashion

Membahas aspek-aspek fundamental bisnis fashion. Setiap peserta akan memeroleh uraian dan penjelasan bagaimana merancang model bisnis (business model) dan menyusun rencana bisnis (business plan).

Pendanaan dan Biaya

Membahas strategi pendanaan dan penyusunan rencana keuangan/pembiayaan bisnis. Setiap peserta akan memeroleh uraian dan penjelasan tentang pentingnya memahami sumber-sumber pendanaan dan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang akan dibangun.

Pengembangan Produk

Pengembangan produk adalah penjabaran konsep desain fashion, gagasan dan trend ke dalam produk komersial. Setiap peserta akan belajar bagaimana mengartikulasikan brand position, point of view, dan unique selling proposition ke dalam produk yang akan dikembangkan.

Produksi

Membahas proses pembuatan koleksi. Setiap peserta akan belajar bagaimana menyusun rencana produksi dan tahapannya: mulai dari konsep dan riset hingga pengemasan dan pengiriman barang.

Fashion Branding dan Marketing

Marketing dan branding memainkan peran penting dalam bisnis fashion.  Jembatan yang menghubungkan hal-hal intagible dalam fashion dengan realitas konkret bisnis. Setiap peserta akan belajar fashion marketing dan branding secara teoretis dan praktis disertai contoh-contoh kasus. Dalam materi ini mencakup pula pembahasan riset marketing, serta penyusunan rencana marketing dan branding.

Penjualan

Penjualan merupakan bagian penting dalam bisnis. Tanpa penjualan, bisnis akan mati. Setiap peserta akan belajar tentang aspek-aspek wholeselling dan retailing dalam bisnis fashion sebagai bahan dalam merumuskan strategi penjualan dari brand yang akan dibangun.

Media dan Public Relations

Media/Pers dan PR memiliki peran penting dalam bisnis fashion. Menjadi jembatan komunikasi brand dan customer, buyers dan investor. Setiap peserta akan belajar tentang perkembangan media (old dan new media) dan implikasinya terhadap fashion, serta strategi berhubungan dengan media.

METODE

Proses belajar dibagi dalam tiga tahap: Pra Workshop, Workshop, dan Pasca Workshop.

Setiap peserta akan menerima materi kelas, diskusi, tinjauan kasus, dan simulasi yang dirancang secara interaktif.

Berbagi pengalaman dan tanya jawab dengan praktisi seputar pengembangan brand dan pengelolaan bisnis fashion.

Membuat proyek personal Model dan Rencana Bisnis. Selama menyelesaikan proyek setiap peserta akan mendapatkan pendampingan dalam rentang 3 (tiga) bulan (maksimal) di bawah program Fashion Clinic.

PENGAJAR

Caroline Hutapea
Konsultan Manajemen

Sadikin Gani
Pendiri Satusatu

Deliana Wijaya
Trainer & Konsultan Manajemen

Lynda Ibrahim
Jurnalis Fashion

PRAKTISI TAMU

Yelly Lumentu
Direktur Kreatif Day and Night

DURASI

25 Jam (5 Kali Pertemuan)

FASILITAS

Ruang belajar ber-AC
LCD + Layar + Soundsystem
Modul
Referensi: e-book + video (lihat daftar referensi!)
Akses Internet

INVESTASI

IDR 7.500.000 / Orang

PERLENGKAPAN

Setiap peserta wajib membawa peralatan tulis menulis. Disarankan (jika ada) membawa komputer jinjing (laptop).

FAQ

Siapa saja yang bisa menjadi peserta kelas?

Siapapun Anda yang tertarik belajar dan menekuni bisnis fashion.

Apakah ada syarat pendidikan dan batas usia?

Tidak ada.

Saya tidak memiliki latar belakang pendidikan fashion maupun bisnis, apakah bisa ikut?

Tentu, bisa.

Saya sudah mendirikan brand dan mulai menjalani bisnis fashion, apakah bisa ikut?

Tentu, bisa.

Berapa orang jumlah peserta kelas?

Minimal 10 orang, maksimal 20 orang.

Apakah materi pelajaran disediakan?

Materi pelajaran dan referensi terkait topik belajar disediakan (e-book). Lihat daftar referensi!

Apakah setiap peserta mendapatkan sertifikat?

Ya, dengan syarat mengikuti semua sesi kelas dan menyelesaikan proyek personal penyusunan model dan rencana bisnis.

Bagaimana mekanisme pendampingan selama menyelesaikan proyek personal?

Selama proses menyelesaikan proyek personal, dalam rentang waktu 3 bulan setiap peserta akan dievaluasi dan diberi masukan untuk menyempurnakan model dan rencana bisnis yang dibuat. Pendampingan dilakukan seminggu sekali (terjadwal). Tempat dan waktu pelaksanaannya diatur berdasarkan kesepakatan. Pelaksanaan pendampingan bisa dilaksanakan secara offline (bertemu langsung) maupun online melalui Skype.

Bagaimana jika dalam rentang waktu 3 bulan masa pendampingan saya sering tidak hadir sehingga memerlukan tambahan waktu?

Untuk mendapatkan fasilitas pendampingan di luar jadwal yang sudah ditentukan, Anda akan dikenakan biaya pendampingan.

Apakah memungkinkan jika saya mengajukan permohonan bantuan pendampingan setelah menyelesaikan seluruh tahapan Kelas Bisnis Fashion?

Tentu bisa. Untuk itu Anda akan dikenakan biaya pendampingan.

Kontak Kami untuk Informasi Lebih Lanjut
AFFILIATE ADV.